A+ A-

Panci Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Baca Juga


Panci masak adalah alat yang esensial untuk memasak makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Masalahnya ada panci yang sebenarnya berbahaya untuk kesehatan kita, tapi banyak digunakan.


m0om0_FOb6_Ki_Evm6_M9_Nlx

Panci Teflon
Lapisan teflon PTFE yang merupakan polimer plastik dapat menjadi racun ketika dipanaskan di atas 300 derajat celcius. Lapisan lain adalah PFOA, PFOA di panci teflon memang sangat kecil, tapi PFOA dalam jumlah besar menyebabkan kanker payudara dan prostat.

Panci Aluminium
Aluminium kuat, ringan dan murah, makanya banyak sekali panci aluminium dijual di pasaran. Tapi konsumsi partikel aluminium dalam jumlah besar bisa menyebabkan penyakit saraf, seperti alzheimer.

Panci Tembaga
Panci tembaga memang terlihat cantik dan punya kemampuan konduktif yang bagus. Nah masalahnya tembaga bisa terkelupas apabila digunakan memasak makanan asam. Dan bisa jadi racun berbahaya ketika dikonsumsi tubuh.

Panci Granit
Panci dengan lapisan granit memang tidak punya zat berbahaya. Masalahnya lapisan granit mudah terkelupas. Ketika terkelupas panci ini tidak boleh digunakan lagi, karena zat di bawah lapisan granit tersebut biasanya bahan murah dan berbahaya.

Panci Berlapis Keramik

Keramik seperti granit tidak berbahaya. Tetapi lapisan keramik akan mudah terkelupas setelah dipakai sekitar 7 bulan. Kembali zat pada bahan di bawah lapisan keramik biasanya berbahaya bagi kesehatan.

Jadi Panci Apa Yang Aman Buat Kesehatan Kita Dalam Jangka Panjang ?

Ada beberapa panci yang aman kita gunakan, mereka adalah panci kaca, panci stainless steel, dan panci yang 100% keramik.

Apakah kamu masih menggunakan panci-panci berbahaya yang disebutkan sebelumnya ?